Senin, 14 November 2011

Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

“Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya”
Kata-kata tersebut seakan-akan mengingatkan kita terhadap masa silam bangsa Indonesia.Selama beratus-ratus tahun bahkan sampai lebih dari 1 abad (masih dierdebatkan) bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa asing. Ribuan bahkan jutaan orang gugur di dalam berbagai upaya mencapai kemerdekaan maupun mempertahankannya. Mulai dari masa awal portugis datang sampai penjajahan jepang atau sampai agresi militer yang dilakukan Belanda untuk menghancurkan NKRI. Sungguh berat perjuangan mereka hingga seperti ini. Sepatutnya kita mengenang jasa-jasa mereka
Pada tanggal 6 Agustus 1945 sebuah bom atom dijatuhkan di atas kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 bom atom dijatuhkan di kota Nagasaki sehingga menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya (blok sekutu). Sehingga terjadi vacum of power dan momen ini pun dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.
proclamatietekst
Kemudian Soekarno, Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat diterbangkan ke Dalat Vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi. Dia memberitahu bahwa pasukan Jepang kalah dan akan memeberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Akan tetapi para pejuang menolak hadiah kemerdekaan tersebut dan mempersiapkan sendiri kemerdekaannya.
Saat Soekarno, Hatta dan Radjiman kembali ke Indonesia, Sutan Syahrir mendesak agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan karena menganggap hasil pertemuan di Dalat sebagai tipu muslihat Jepang, karena Jepang setiap saat sudah harus menyerah kepada Sekutu.
Pada tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kepada Sekutu.Golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun golongan tua tidak mau buru-buru.
Kemudian Sukarno-Hatta menuju rumah Laksamana Maeda kukan rapat untuk menyiapkan teks Proklamasi. Setelah konsep selesai disepakati, Sajuti menyalin dan mengetik naskah tersebut menggunakan mesin ketik. Pada awalnya pembacaan proklamasi akan dilakukan di Lapangan Ikada, namun berhubung alasan keamanan dipindahkan di rumah Soekarno. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh bu Fatmawati di kibarkan
Isi teks proklamasi kemerdekaan yang singkat ini adalah:
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar